Cara Membandingkan Bilangan Bulat yang Memuat Banyak Angka (SMP Kelas 7)

Cara Membandingkan Bilangan Bulat yang Memuat Banyak Angka (SMP Kelas 7) - Hallo sahabat jinklink, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membandingkan Bilangan Bulat yang Memuat Banyak Angka (SMP Kelas 7), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Math SMP, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Cara Membandingkan Bilangan Bulat yang Memuat Banyak Angka (SMP Kelas 7)
link : Cara Membandingkan Bilangan Bulat yang Memuat Banyak Angka (SMP Kelas 7)

Baca juga


Cara Membandingkan Bilangan Bulat yang Memuat Banyak Angka (SMP Kelas 7)



Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membandingkan bilangan bulat yang [relatif] besar atau memuat banyak angka, untuk SMP kelas 7 [VII].
Untuk membandingkan dua bilangan bulat yang mendekati nol [angka penyusun bilangan tersebut sedikit], kalian cukup melihat posisi kedua bilangan tersebut pada garis bilangan. Tentunya hal itu tidak sulit. Bilangan yang lebih besar selalu berada di kanan bilangan yang lebih kecil. Namun untuk membandingkan bilangan-bilangan bulat positif yang sangat besar, atau bilangan-bilangan bulat negatif yang sangat kecil, tentunya tidak efektif menggunakan garis bilangan.

Untuk membandingkan bilangan bulat positif yang sangat besar atau bilangan bulat negatif yang sangat kecil, bisa dengan mengamati angka-angka penyusunnya. Bilangan tersusun atas angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.
Misalnya:
Bilangan 7 dibaca "tujuh" tersusun dari angka 7 saja
   angka 7 berada pada posisi satuan

Bilangan 12 dibaca "dua belas” tersusun dari angka 1 dan 2
   angka 1 berada pada posisi puluhan
   angka 2 berada pada posisi satuan

Bilangan 458 dibaca "empat ratus lima puluh delapan" tersusun dari angka 4, 5 dan 8
   angka 4 berada pada posisi ratusan
   angka 5 berada pada posisi puluhan
   angka 8 berada pada posisi satuan

Bilangan 6123987 dibaca "enam juta seratus dua puluh tiga ribu sembilan ratus delapan puluh tujuh" tersusun dari angka 1, 2, 3, 6, 7, 8 dan 9
   angka 6 pada posisi jutaan, bernilai 6 × 1.000.000 = 6.000.000
   angka 1 pada posisi ratusribuan, bernilai 1 × 100.000 = 100.000
   angka 2 pada posisi puluhribuan, bernilai 2 × 10.000 = 20.000
   angka 3 pada posisi ribuan, bernilai 3 × 1.000 = 3.000
   angka 9 pada posisi ratusan, bernilai 9 × 100 = 900
   angka 8 pada posisi puluhan, bernilai 8 × 10 = 80
   angka 7 pada posisi satuan, bernilai 7 × 1 = 1

Berikut ini akan ditampilkan tabel angka pada bilangan













Contoh Soal 1
Tentukan manakah yang lebih besar [kuantitas] antara 47653 dengan 8699.

Jawaban
Perlu diperhatikan bahwa pada soal tersebut yang ditanyakan adalah kuantitas suatu bilangan.
Jika kita perhatikan bilangan  di atas [bilangan 47653 dan 8699] maka akan diketahui bahwa kedua bilangan tersebut memiliki banyak angka penyusun yang berbeda. Bilangan 47653 memiliki lima angka penyusun, sedangkan 8699 hanya memiliki empat angka penyusun.
Oleh sebab itu, untuk membandingkan kedua bilangan tersebut kita dapat menentukan dengan mudah, yaitu 47654 lebih besar dari 8699 karena angka penyusunnya lebih banyak.

Angka 4 pada bilangan 47653 menempati nilai puluh ribuan, sehingga nilainya adalah 40.000 [dibaca "empat puluh ribu"]. Nilai angka terbesar pada bilangan 8699 adalah ribuan yang ditempati oleh angka “8“, sehingga nilainya adalah 8.000 [dibaca "depalan ribu"]. Tanpa melihat nilai angka lain pada kedua bilangan tersebut kita bisa menentukan bahwa 47654 lebih besar dari 8699.

Contoh Soal 2
Tentukan manakah yang lebih besar [kuantitas] antara 8592 dengan 8631

Jawaban
Kedua bilangan sama-sama tersusun oleh empat angka. Nilai angka 6 [bernilai 6.000 dibaca "enam ribu"]
Bila dijabarka akan seperti berikut:
Pada bilangan pertama [bilangan 8592]
   angka 8 pada posisi ribuan, bernilai 8 × 1.000 = 8.000
   angka 5 pada posisi ratusan, bernilai 5 × 100 = 500
   angka 9 pada posisi puluhan, bernilai 9 × 10 = 90
   angka 2 pada posisi satuan, bernilai 2 × 1 = 2
Sedangkan, pada bilangan kedua [bilangan 8631]
   angka 8 pada posisi ribuan, bernilai 8 × 1.000 = 8.000
   angka 6 pada posisi ratusan, bernilai 6 × 100 = 600
   angka 3 pada posisi puluhan, bernilai 3 × 10 = 30
   angka 1 pada posisi satuan, bernilai 1 × 1 =1

Kedua bilangan tersebut mempunyai banyak angka penyusun yang sama, yaitu empat. Nilai angka terbesar [yaitu ribuan] sama-sama ditempati oleh angka “8” sehingga nilainya sama, yaitu 8.000. Nilai angka terbesar kedua [yaitu ratusan] pada bilangan 8592 ditempati oleh angka “5”, sehingga nilainya 500. Sedangkan pada bilangan 8631 ditempati oleh angka “6”, sehingga nilainya adalah 600. Dengan membandingan kedua bilangan tersebut [500 dan 600] kita dapat menentukan bahwa 600 lebih besar dari 500. Dengan kata lain, tanpa menghiraukan nilai angka yang lebih kecil pada kedua bilangan, kita dapat menyimpulkan bahwa 8631 lebih besar dari 8592.

Setelah memahami cara membandingkan kedua bilangan pada kedua contoh tersebut, kita dapat membandingkan bilangan bulat yang lain, termasuk bilangan bulat negatif. Namun perlu kita ingat pada garis bilangan, bahwa semakin ke kiri nilai bilangan negatif, nilainya semakin kecil.

Latihan Mandiri
1. Tentukan bilangan mana yang lebih besar antara −547578 dengan −595326.
2. Tentukan bilangan mana yang lebih besar antara −547578 dengan −5195326.
3. Andaikan simbol “b” mewakili suatu angka, tentukan angka b agar bilangan 63b452 lebih kecil dari 635452. Jelaskan.
4. Andaikan simbol “c” mewakili suatu angka, tentukan angka b agar bilangan c45279 lebih kecil dari 63545. Jelaskan.
5. Jelaskan bagaimana langkah-langkah yang kalian lakukan untuk membandingkan dua bilangan jika banyak angka penyusunnya berbeda.
6. Jelaskan bagaimana langkah-langkah yang kalian lakukan untuk membandingkan dua bilangan jika banyak angka penyusunnya sama.

Oke dehh Gengs, sampai di sini dulu tentang "cara membandingkan bilangan bulat yang memuat banyak angka [SMP Kelas 7]. Untuk contoh soal dan latihannya silahkan cek di postingan berikutnya.

Bagi Gengs yang mau bertanya atau kritik, sokk ditulis di kolom komentar.

Semoga Bermanfaat


Demikianlah Artikel Cara Membandingkan Bilangan Bulat yang Memuat Banyak Angka (SMP Kelas 7)

Sekianlah artikel Cara Membandingkan Bilangan Bulat yang Memuat Banyak Angka (SMP Kelas 7) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Cara Membandingkan Bilangan Bulat yang Memuat Banyak Angka (SMP Kelas 7) dengan alamat link https://jinklink.blogspot.com/2017/10/cara-membandingkan-bilangan-bulat-yang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar